Saturday, 5 September 2015

Cara mengatasi mesin " masuk angin".

Cara mengatasi masalah mesin tidak bisa hidup.
Apabila anda mengalami masalah mesin tidak bisa hidup, tentunya anda akan melakukan beberapa kali untuk tetap tetap men starter hingga sampai mesin nyala.
Tetapi itu akan membuat Dinamo dipaksa hingga akan lebih cepat rusak dan baterai cepat habis. 

 Apabila kendaraan anda mengalami kehabisan solar mesin jadi mogok, juga ketika filter solar di ganti, angin akan masuk ke sistem bahan bakar akan menghambat mesin dihidupkan meskipun sesudah baru mengisi solar. Atau biasanya akrab dengan istilah " masuk angin". 

Apabila begini, lakukan cara membuang angin sebagai berikut, dan perhatikan:

 Api dapat timbul jika terdapat kebocoran ataupun tumpahan bahan bakar yang tidak di bersihkan lebih dahulu. Pastikan membersihkan bahan bakar yang tumpah setelah melakukan pembuangan udara. Pastikan juga untuk memeriksa kebocoran solar. Karena area kerja untuk pembuangan udara relatif sempit, hati - hati jangan sampai terluka atau tergores ujung tajam dari part sekitarnya. 

 1.putar tuas pompa priming berlawanan arah jarum jam, nantinya tuas keluar.

 2. Lepaskan fuel filter plug dengan menggunakan kunci. 

3. Tutuplah lubang fuel filter plug dengan ibu jari serta pompa priming pump kurang lebih 5 kali. 

4. Buang angin dengan cara mengangkat ibu jari dari fuel filter plug dan priming pump tetap pada posisi tertekan. 

5. Ulangi langkah no.2 no. 3 beberapa kali. Hingga solar keluar dari lubang fuel filter plug. 

6. Setelah solar keluar dari lubang.biarkan lubang tetap terbuka kemudian pompa beberapa kali secara perlahan untuk memastikan tidak ada udara yang tersisa. 

7. Tutuplah lubang dengan fuel filter plug kemudian kreasi lagi pakai kunci secukupnya. 

8. kendurkan air bleeder screw dengan menggunakan kunci yang pas. 

9. Pompa kembali priming pump, sampai solar yang keluar dari air bleeder screw tidak mengeluarkan gelembung udara lagi. 

10.kencangkan air bledeer screw, ( jangan sampai berlebihan kencangnya ). 

11.Pompa kembali priming pump beberapa kali sampai priming pump terasa berat saat di pompa atau sampai terdengar suara injection pump body valve ( overflow valve ) bekerja, lalu kencangkan priming pump.

 Jika proses pembuangan udara selesai, pastikanlah tak ada kebocoran solar saat mesin hidup. bersihkan solar yang telah tumpah sampai bersih. Kemudian cobalah menghidupkan mesin kembali. 

Apabila langkah-langkah di atas tidak berhasil, segeralah periksa atau ke bengkel terpercaya di sekitar anda.

No comments:

Post a Comment